الثلاثاء، 15 يناير 2013

Cara Meningkatkan Kualitas Diri


Aged stationary floral background
FILSAFAT HIDUP ISLAMI
MERUBAH GAYA HIDUP SEHARI-HARI
FOR
SUCCESS




OLEH

HAERU REYUZIE JUNOT


MANAJEMEN SIKAP HATI,PIKIRAN,TINDAKAN,DAN KEBIASAAN
UNTUK MEMBENTUK KARAKTER UNGGUL

Aged stationary floral backgroundCara Tepat Meningkatkan Kualitas Diri
Apapun profesi dan pekerjaan kita kualitas diri menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berkarier. Menjadi enterpreneur atau bekerja pada perusahaan / orang lain tidak lepas dari hal yang satu ini. Jika kualitas diri Anda tidak baik maka akan sulit bagi Anda untuk mencapai kesuksesan.
Apakah hidup Anda ingin terus-terusan mengalami kesulitan? Jika tidak mulailah dari sekarang untuk merubah kehidupan Anda. Berikut ini beberapa cara tepat meningkatkan kualitas diri Anda :
  1. Nilailah diri sendiri

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengawalinya dengan menilai kinerja diri. Penilaian harus obyektif dan realistis. Jika Anda merasa kinerja Anda belum maksimal, nilailah seperti itu. Ambilah catatan kemudian tuliskan poin-poin tugas apa saja yang Anda hadapi di kantor. Lalu, tanyakan pada diri Anda, seberapa jauh mampu menangani poin-poin tersebut.
Misalnya, jika Anda seorang webmaster, kemudian Anda bertanya kepada diri Anda sendiri seberapa cepat Anda mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini? Tanyakan juga apakah Anda menikmati tugas-tugas tersebut.Daftar singkat ini akan membantu Anda memperoleh gambaran utuh mengenai kinerjaAnda sendiri. Setelah diperoleh gambaran utuh, Anda bisa memutuskan, aspek mana yang sudah Anda kuasai, dan aspek mana mana yang perlu ditingkatkan.
  1. Terus belajar

Pahamilah bahwa karier profesional merupakan sebuah proses di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengikutinya. Ilmu didalam dunia ini sangat luas, jadi sepintar-pintarnya Anda mencari ilmu didalam dunia ini, karena ilmu apapun bisa dipelajari. Karena sesuatu yang Anda peljari didunia ini tidak ternilai harganya.
  1. Tanggung jawab

Meskipun berada dalam naungan sebuah perusahaan, Anda yang akan menentukan karier. Jadi, bertanggungjawablah dan pastikan bahwa Anda mengambil semua peluang untuk meningkatkan skill profesional Anda. Memperoleh tawaran untuk mengikuti training, seminar, atau keanggotaan
Aged stationary floral background
sebuah asosiasi profesional? Tak perlu ragu untuk ikut dan bergabung karena skill pun akan semakin jaya.
  1. Jaga kinerja

Selain bertanggungjawab, Anda juga harus menerapkan standar pribadi di dalam mengerjakan tugas profesional Anda. Standar inilah yang akan menentukan kualitas kerja. Di sisi lain, kinerja inilah yang akan menjadi dasar kenaikan jabatan atau promosi. Jadi, jangan segan bertanya kepada atasan. Jika memang merasa perlu, mintalah job atau tugas baru yang menurut Anda menantang. Namun, jangan asal meminta penugasan. Ukur kemampuan dan yakin bahwa Anda memang mampu menerima tugas.
  1. Jaga hubungan kerja

Meski tampaknya tak terkait langsung dengan skill, menjaga hubungan kerja dengan semua level merupakan salah satu strategi penting untuk mengembangkan kemampuan. Berusahalah agar mampu bekerja dalam tim secara efektif. Karena dengan efektif akan mendorong Anda untuk mencapai keberhasilan dalam hidup Anda.
  1. Ciptakan jaringan

Sisihkan dulu urusan kantor. Kini, saatnya untuk bersosialisasi dan menciptakan jaringan di luar kantor. Anda bisa bergabung dengan komunitas profesional di luar posisi karier, namun tetapi bisa meningkatkan kualitas kinerja Anda. Contohnya, jika Anda seorang akuntan, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas bursa. Yakinlah, ilmu dan jaringan yang Anda peroleh dan bina di komunitas itu akan sangat membantu karier di kemudian hari.
  1. Carilah mentor

Cara terbaik menguasai sebuah bidang adalah belajar dari ahlinya. Jadi, jangan ragu untuk mencari mentor atau guru. Tentu, bukan dalam arti harfiah. Anda bisa, kok, misalnya berguru kepada penulis favorit Anda melalui buku-buku karyanya. Secara tak langsung, Anda akan menguasai ilmu Sang Ahli tersebut dan kemudian Anda terapkan dalam tugas sehari-hari. Yang penting, Anda yakin bahwa guru Anda ini memang ahli dan sudah memiliki pengalaman di bidangnya.
Aged stationary floral background

Kalau perlu, carilah mentor sebanyak-banyaknya. Semakin banyak mentor, semakin banyak ilmu yang bisa diserap, sehingga ketika dihadapkan pada suatu persoalan kerja, Anda memiliki banyak solusinya.
  1. Siapkan masa depan

Selalulah bertanya, Apa yang akan terjadi besok? Bagaimana mengatasinya? Salah satu ciri pemenang adalah selalu selangkah di depan lebih dulu ketimbang kompetitornya. Ketika kompetitor tengah asyik bergulat dengan persoalan hari ini, Anda sudah mencari solusi untuk persoalan yang muncul esok hari. Cobalah berlatih membiasakan diri untuk berada selangkah di depan. Dijamin, Anda akan menikmati hasilnya lebih cepat dari yang Anda perkirakan.
  1. Asah terus skill Anda

Dewasa ini banyak sekali tawaran pelatihan atau kursus singkat untuk semua bidang profesi, dari mulai pelatihan soal keuangan perusahaan, pelatihan program komputer,
pelatihan leadership, dan sebagainya. Nah, seperti halnya poin ke-2 di atas, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, sekalipun tak berkait langsung dengan posisi Anda. Jangan takut untuk mengikuti tes uji kemampuan. Biasanya ketakutan dan keraguan muncul ketika Anda belum melangkah. Begitu melangkah, Anda pasti mampu mengatasi keragu-raguan tadi dengan segera. Pengayaan skill ini sudah pasti akan menjadi poin tersendiri dalam menjalani karier Anda.
  1. Jangan lupakan teknologi

Ada banyak sekali situs atau jaringan sosial yang bisa Anda buka dan membantu meningkatkan skill Anda. Cara paling mudah adalah mencarinya di Google. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas di Facebook atau Twitter. Jika Anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan negosiasi, Anda bisa misalnya, berteman dengan jago marketing, jika Anda berniat mempelajari program komputer, Anda bisa bergabung dengan komunitas programmer komputer, dan sebagainya.

Aged stationary floral background

Menikmati, Praktek, dan Mendapatkan Hasil Terbaik

Tahukah Anda menurut penelitian kebiasaan membentuk 40 pesen dari perilaku kita tiap hari, secara tidak sadar kita melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang positif maupun yang negatif.
Namun pernahkah Anda mengevaluasi berapa banyak kebiasaan Anda yang merugikan efektifitas Anda sehari hari ? Ternyata terdapat cara mengubah kebiasaan kita menjadi lebih baik, berikut langkah-langkahnya
  1. Mengidentifikasi Kebiasaan Rutin Anda

Pilah dan pilihlah kebiasaan Anda mana yang bermanfaat untuk Anda, identifikasikan pentingnya kebiasaan tersebut bagi kehidupan Anda, dan apa saja kebiasaan yang membuat Anda terjerumus ke keadaan yang kurang efektif. Terdapat pola dasar dari setiap kebiasaan yaitu isyarat, rutinitas dan hadiah.Untuk memahami kebiasaan Anda, Anda perlu mengidentifikasi komponen perulangan Anda, dimana Anda secara rutin melakukan hal dengan pola yang sama secara terus menerus. Mulailah dengan kesadaran bahwa Anda ingin berubah, miliki tujuan, misalnya saat kebiasaan Anda bagun siang di pagi hari, aturlah diri Anda dimalam hari dan miliki tujuan mengapa Anda ingin bangun lebih pagi hari berikutnya.
  1. Imbalan yang Pantas

Jika Anda telah melewati kebiasaan Anda yang baik, apresiasi dengan hal-hal yang pantas, contohnya dengan memberikan hadiah. Putuskan apa yang akan Anda berikan kepada diri Anda jika dapat bangun dipagi hari, misalnya membeli jus buah favorit Anda di siang hari hari atau membeli DVD film terbaru.Analisis juga apakah yang menyebabkan Anda memiliki kebiasaan bagun lambat di pagi hari? Kebiasaan satu memiliki hubungan yang erat dengan kebiasaan lainnya, mungkin kebiasaan Anda mengkonsumsi kopi di malam hari menjadi penyebab Anda memiliki kebiasaan bagun lambat dipagi hari, cobalah berangsur-angsur mengganti kebiasaan Anda menjadi lebih baik, maka Anda akan mendapatkan hari yang jauh lebih efektif. ‘

Aged stationary floral background

  1. Saling Terkait


Kebiasaan juga dipengaruhi oleh isyarat dan percobaan telah menunjukkan bahwa hampir semua isyarat masuk kedalam satu dari lima kategori


-Lokasi
-Waktu
-Keadaan Emosional

-Orang Lain

-Segera sebelum tindakanJika lima kategori tersebut di perhatikan dan dievaluasi maka kebiasaan Anda dapat diubah, mulailah dari lokasi, dimana Anda melakukan kebiasaan bangun tidur Anda, mungkin posisi alarm tidak proporsional untuk dijangkau sehingga Anda lupa menset alarm sebelum tidur.
Kapan waktu yang cukup untuk Anda beristirahat, apa yang membuat Anda tidur larut malam dan apa yang harus Anda lakukan setelah bangun tidur.
  1. Rencanakan
    Setelah Anda menemukan lingkaran kebiasaan Anda, segera identifikasi dan geserlah perilaku Anda secara perlahan. Anda dapat mengubah rutinitas menjadi lebih baik dengan perencanaan, dan memilih perilaku yang dapat memberikan Anda hadiah atas tindakan Anda.Rencanakan semuanya, mulai dari hal-hal kecil hingga Anda melakukannya secara rutin dan pendapatkan hadiah Anda, cobalah memberiksn respon yang positif terhadap diri Anda atas rencana yang telah Anda buat.
  2. Kunci
    Hidup kita dipenuhi dengan kebiasaan, dan waktu yang terbatas. Mengetahui bagaimana untuk meningkatkan perilaku tidak menyelesaikan pertanyaan utama : bagaimana cara kita mengubah diri kita sendiri melalui hal-hal kecil disekeliling kita.

Aged stationary floral background                                      

11 Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Dalam Hidup

1.      Buat resolusi Anda tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Lakukan komitmen yang telah Anda janjikan pada diri Anda sendiri, dan buatlah sedemikian rupa agar Anda tak memiliki pilihan lain selain melakukan hal yang sudah Anda janjikan.
2.      Memudahkan Diri Anda untuk Melakukan Tindakan.

Apakah tujuan hidup Anda nyata? Kebanyakan orang gagal karena sulit mengubah tujuan menjadi nyata.

Untuk berhasil, Anda harus tahu apa tindakan yang akan Anda lakukan. Misalnya, resolusi Anda adalah ingin memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai. Terjemahkan ke dalam aksi yang nyata, seperti Anda akan menyisakan setengah jam sehari untuk berjalan-jalan.
3.      Buatlah Strategi Untuk Mengatasinya.

Apa alasan utama Anda saat tidak menepati janji terhadap resolusi Anda? Lupa? Sibuk? Hilang semangat? Atau tak tahu bagaimana memulainya? Buat daftar alasan-alasan yang biasa Anda kemukakan.
4.      Manfaatkan Deadline Sebagai Pemicu.

Sebagian besar dari Anda seringkali terpacu untuk melakukan sesuatu setelah deadline semakin dekat.Buatlah deadline yang membuat Anda bertindak, entah itu wawancara kerja, reuni atau hari pernikahan.Niscaya semangat Anda terpacu untuk sungguh-sungguh melakukan perubahan sebelum hari-H tiba.
5.      Buat Jadwal.

Jadwalkan apa yang ingin Anda lakukan. Tulis dalam agenda Anda, perlakukanlah selayaknya janji yang Anda buat dengan seseorang yang penting dalam hidup Anda. Jadwalkanlah dengan spesifik, kapan dan berapa lama Anda akan melakukannya.
6.      Aged stationary floral backgroundLakukan Setiap Hari.

Semakin Anda menjadikan janji Anda sebagai bagian dari keseharian, Anda akan memperlakukan hal itu sebagai rutinitas, sehingga tanpa terasa Anda melakukannya begitu saja tanpa beban lagi.
7.      Pantau Perilaku Anda.

Penilaian menunjukan bahwa perilaku yang terekam dalam tulisan akan membantu Anda menjadi lebih baik. Misalnya, dengan menuliskan seberapa sering Anda bersikap khawatir terhadap apa yang Anda hadapi, dan sebagainya.
8.      Fokuskan Pada Horison.

Lihat seberapa jauh Anda telah melangkah, buka seberapa jauh lagi jarak yang harus Anda tempuh. Hal ini akan memberi Anda kekuatan untuk terus melangkah. Luangkan waktu sejenak untuk merefleksikan apa yang telah berhasil Anda lakukan. Jadikan itu sebagai pemacu untuk tetap melanjutkan ‘perjuangan’ Anda.
9.      Cari Rolemodel.

Bayi belajar dengan meniru, mengapa orang dewasa tidak? Temukanlah seseorang yang dapat menjadi contoh Anda melakukan perubahan. Apa yang ia lakukan dan tidak Anda lakukan? Jangan malu untuk bertanya
kunci kesuksesan perubahannya. Sebagian besar orang senang jika dijadikan teladan.
10.  Ajari Orang Lain.

Jalan terbaik untuk menyatukan diri dengan kebiasaan baru adalah dengan menjadi seorang mentor. Dengan mengajari orang lain, Anda akan terpacu untuk
meningkatkan kualitas diri.


Aged stationary floral background

11.  Perlakukan Diri Secara Wajar.

Lakukanlah yang terbaik. Pada saat tertentu Anda akan kehilangan orientasi atau membuat resolusi Anda berantakan. Saat itu terjadi, perlakukan diri Anda dengan wajar. Jangan tenggelam dalam rasa malu atau bersalah. Segeralah bangkit kembali.

“Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam keadaan merugi (celaka), kecuali orang-orang yang beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati dalam kesabaran.” (Al ‘Ashr: 1-3)
"… Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” (Al Hadits)
MERUBAH DIRI MENJADI LEBIH BAIK
1.      Kebiasaan mengucap syukur

Ini adalah kebiasaan istimewa yang bisa mengubah hidup selalu menjadi lebih baik. Bahkan agama mendorong kita bersyukur tidak saja untuk hal-hal yang baik , tapi juga dalam kesusahan dan hari-hari yang buruk. Ada rahasia besar dibalik ucapan syukur yang sudah terbukti sepanjang sejarah. Hellen Keller yang buta dan tuli sejak usia dua tahun, telah menjadi orang yang terkenal dan dikagumi diseluruh dunia. Salah satu ucapannya yang banyak memotivasi orang adalah “Aku bersyukur atas cacat-cacat ini aku menemukan diriku, pekerjaanku dan Tuhanku”. Memang sulit untuk bersyukur,namun kita bisa belajar secara bertahap. Mulailah mensyukuri kehidupan, mensyukuri berkat, kesehatan, keluarga, sahabat dsb. Lama kelamaan Anda bahkan bisa bersyukur atas kesusahan dan situasi yang buruk.
2.      Kebiasaan berpikir positif

Hidup kita dibentuk oleh apa yang paling sering kita pikirkan. Kalau selalu berpikiran positif, kita cenderung menjadi pribadi yang yang positif. Ciri-ciri dari pikiran yang positif selalu mengarah kepada kebenaran, kebaikan,
Aged stationary floral background
 kasih sayang, harapan dan suka cita. Sering-seringlah memantau apa yang sedang Anda pikirkan. Kalau Anda terbenam dalam pikiran negatif, kendalikanlah segera kearah yang positif. Jadikanlah berpikir positif sebagai kebiasaan dan lihatlah betapa banyak hal-hal positif sebagai kebiasaan dan lihatlah betapa banyak hal-hal positif yang akan Anda alami.
3.      Kebiasaan berempati

Kemampuan berhubungan dengan orang lain merupakan kelebihan yang dimiliki oleh banyak orang sukses. Dan salah satu unsur penting dalam berhubungan dengan orang lain adalah empati, kemampuan atau kepekaan untuk memandang dari sudut pandang orang lain. Orang yang empati bahkan bisa merasakan perasaan orang lain, mengerti keinginannya dan menangkap motif dibalik sikap orang lain. Ini berlawanan sekali dengan sikap egois, yang justru menuntut diperhatikan dan dimengerti orang lain. Meskipun tidak semua orang mudah berempati, namun kita bisa belajar dengan membiasakan diri melakukan tindakan-tindakan yang empatik. Misalnya, jadilah pendengar yang baik, belajarlah menempatkan diri pada posisi orang lain, belajarlah melakukan apa yang Anda ingin orang lain lakukankepada Anda, dsb.
4.       Kebiasaan mendahulukan yang penting
Pikirkanlah apa saja yang paling penting, dan dahulukanlah! Jangan biarkan hidup Anda terjebak dalam hal-hal yang tidak penting sementara hal-hal yang penting terabaikan. Mulailah memilah-milah mana yang penting dan mana yg tidak, kebiasaan mendahulukan yang penting akan membuat hidup Anda efektif dan produktif dan meningkatkan citra diri Anda secara signifikan.
5.      Kebiasaan bertindak

Bila Anda sudah mempunyai pengetahuan, sudah mempunyai tujuan yang hendak dicapai dan sudah mempunyai kesadaran mengenai apa yang harus dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah bertindak. Biasakan untuk mengahargai waktu, lawanlah rasa malas dengan bersikap aktif. Banyak orang yang gagal dalam hidup karena hanya mempunyai impian dan hanya mempunyai tujuan tapi tak mau melangkah.

Aged stationary floral background

6.       Kebiasaan menabur benih

Prinsip tabur benih ini berlaku dalam kehidupan. Pada waktunya Anda akan menuai yang Anda tabur. Bayangkanlah, betapa kayanya hidup Anda bila Anda selalu menebar benih ‘kebaikan’. Tapi sebaliknya, betapa miskinnya Anda bila rajin menabur keburukan.
7.       Kebiasaan hidup jujur

Tanpa kejujuran, kita tidak bisa menjadi pribadi yang utuh, bahkan bisa merusak harga diri dan masa depan Anda sendiri. Mulailah membiasakan diri bersikap jujur, tidak saja kepada diri sendir tapi juga terhadap orang lain. Mulailah mengatakan kebenaran, meskipun mengandung resiko. Bila Anda berbohong, kendalikanlah kebohongan Anda sedikit demi sedikit













Aged stationary floral background
Trik merubah sikap Yang Lebih Baik !
v  Pertama, kita tahu mana yang baik dan mana yang buruk.
v  Kedua, kita bisa memprioritaskan yang terutama dan yang pertama. Mana yang harus dilakuakan terlebih dahulu, mana yang dapat diakhirkan.
v  Ketiga, kita dapat menyelesaikan diri kita sendiri dan dapat pula membantu menyelesaikan masalah orang lain (terutama orang terdekat) tanpa merugikan salah satu pihak.
v  Keempat, tidak lari dari masalah.
v  Kelima, kita dapat berlaku adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Tidak tergesa-gesa, tapi juga tidak bertele-tele.
v  Keenam, sayang terhadap diri kita sendiri dan peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.
v  Ketujuh, taat menjalankan ibadah. Menjauhi apa yang dilarang dan manjalankan apa yang diperintahkan Tuhan dan Rasulallah. Rajin pula dalam melaksanakan amalan sunnah.
v  Kedelapan, lebih mementingkan orang lain ketimbang diri sendiri
v  Kesembilan, Yakinlah pada diri kita masing-masing, kita dapat menjadi orang yang dewasa. Kita dapat melewati masa-masa sulit sebagai seorang remaja dan jadilah orang yang dewasa.
v  Kesepuluh, Mau menerima perubahan Sikap dg Ikhlas
v  Kesebelas ,ditegor dan tidak tersinggung
v  Kedua belas, Menerima nasehat orang lain
v  Ketiga belas, Hati yang lembut untuk menerima segalanya dengan syukur.

v  MENIKMATI, PRAKTEK,DAN MENDAPATKAN HASIL YANG LEBIH BAIK !!!
v  SELAMAT MENCOBA HARI INI ADALAH HARI MU !!!
Siap Untuk Merubah Diri Menjadi Lebih Baik !!!!
SEMOGA BERMANFAAT !! SELAMAT BEKERJA !


BY : Haeru Syaif Nawaf




















هناك تعليق واحد:

  1. Top 7 Casinos in Washington - Mapyro
    Casinos Near Washington · Las Vegas Strip: 구리 출장안마 A 안동 출장샵 map showing casinos 원주 출장안마 and other gaming facilities located 청주 출장샵 near Where to visit closest to 경기도 출장안마 Mohegan Sun Arena?

    ردحذف